Reply 1997

 

Kalau ditanya apakah saya suka nonton drama Korea? Jawaban saya pasti: IYA DONG!!! Saya suka banget nonton drama Korea. Selain ceritanya bagus-bagus, ost-nya juga kebanyakan keren-keren. Dan episodenya singkat, jadi nggak terkesan betele-tele. Ada banyak banget judul drama Korea yang recommended banget buat ditonton, tapi kalau saya disuruh milih saya bakalan rekomendasiin satu drama (yang menurut saya) baguuuuus banget : Reply 1997!

Kecintaan saya sama drama yang satu ini udah lebih dari taraf akut (?) bahkan kalau bisa saya pengen ini drama nggak usah abis-abis aja sekalian. Abis ceitanya seru banget. Menurut saya drama ini bener-bener menggambarkan kehidupan saya banget, kehidupan fangirl. Setiap saya nonton drama ini saya jadi berasa ngaca sama diri saya sendiri. Pokoknya drama ini bener-benar cocok banget buat ditonton sama para fangirl yang tergila-gila sama oppa-oppanya deh!

Awalnya sih saya nonton ini drama cuma karena ada bias saya di sini : Jung Eunji! awalnya cuma pengen tahu gimana sih actingnya Eunji kalau main drama, eh ternyata malah keterusan suka banget sama alur ceritanya. Angkat topi banget deh sama script writter-nya, dia bisa membuat cerita sekeren ini. Daebak!

 

 

Ceritanya sendiri menceritakan tentang Sung Shiwon (Eunji) seorang fangirl fanatik H.O.T (boygroup bentukan SM) yang tergila-gila sama Tony Ahn, salah satu membernya. Sebenernya sih saya nggak tahu bayak banget tentang boygroup bentukan SM ini, karena pas masanya mereka berjaya tahun 1997, saya belum tahu apa-apa tentang Korea. Jadi member yang saya tahu sekarang cuma Tony –karena dia dia muncul di 100 point out 100- dan Kangta oppa yang sampe sekarang masih bertahan dibawah management SM. Tapi menurut historisnya, H.O.T ini dulu terkenal banget dan fans mereka itu tingkahnya nggak jauh beda sama para kpoppers zaman sekarang. Beli album, nonton koser mereka, bikin fanfiction, bikin fansclub sampe fanwar sekalipun! Cuma bedanya kalau di drama ini setting-annya tahun 1997, jadi media fangirl-ing yang digunain masih jadul banget. Kaset berpita, piringan hitam, tape recorded, walkman dll.

 

 

Nah si Sung Shiwon ini punya sahabat deket banget namanya Mo Yoo Jung. Dia ini fans-nya H.O.T juga. Mereka sama-sama fangirl fanatiknya H.O.T, sering spazzing oppa-oppa-nya di kelas, teriak-teriak heboh nonton video-video oppa-nya, dan juga nyanyiin lagu + fanchant dari H.O.T. Saking sukanya sama H.O.T mereka berdua sampe bela-belain nonton konser H.O.T di Daegu padahal mereka tinggal di Busan. Tapi di sini diceritaiin kalau Yoo Jung itu orangnya labil banget, suka gonta-ganti idola gitu. Setelah suka sama H.O.T dia juga suka sama Sechs kiss yang notabane adalah saingan terberatnya H.O.T kk~ nah nanti ada adegan Shiwon sama Yoojung marahan karena Shiwon ngerasa Yoojung menghianati fandom-nya lol

 

inguk-hoya

Selain Yoojung, temen Shiwon yang lainnya adalah Yoon Yoonjae (Seo Inguk). Ini sahabat cowoknya Shiwon, mereka udah sahabatan dari kecil. Orangtua keduanya tuh emang sahabatan banget dari zaman masih muda. Pas orangtuanya Yoonjae meninggal karena kecelakaan pesawat, akhirnya Yoonjae dan kakaknya (Taewoong) itu udah dianggep kayak anak sendiri sama orangtuanya Shiwon. Gak heran kalau Yoonjae itu deket banget sama orangtuanya Shiwon, rumah mereka itu juga sebelahan loh.

Ada juga Junhee (Hoya) dia ini juga sahabatnya Shiwon dan Yoonjae. Dia ini sering banget jadi temen curhatnya Shiwon. Saking sering curhatnya, Junhee sampe berani ngaku kalau sebenernya dia gay dan suka sama Yoonjae –temen sebangkunya itu. Shiwon sih nggak kaget sama sekali pas tahu itu, dia malah menghargai banget perasaan Junhee. Jadi Junhee makin sering curhat tentang perasaannya terhadap Yoonjae. Sayangnya kedekataan mereka ini disalah artikan oleh Yoonjae. Yoonjae yang ternyata menyadari kalau dia punya perasaan pada Shiwon menyangka kalau kedeketan mereka berdua itu kayak sepasang kekasih. Makanya dia sering banget cemburu kalau ngeliat Shiwon sama Junhee berduaan.

 

Temen Shiwon yang lainnya adalah Do Hak chan (Eun Jiwon) dan Bae Sung Jae. Hakchan di sini diceritakan sebagai anak baru dari Seoul yang keren dan berkharisma. Dia ini nanti ujung-ujungnya malah pacaran sama Yoojung. Sedangkan Sungjae sebagai pelengkap cerita aja sih kalau saya bilang, dapet peran orang yang suka mencairkan suasana, suka ngelakuin hal-hal yang lucu-lucu gitu.

Nah seiring berjalannya alur cerita ini, perasaan Yoonjae buat Shiwon tuh makin berkembang. Dia sadar banget kalau dia suka sama Shiwon. Tapi di satu sisi kakaknya Yoonjae, si Taewoong ini juga suka sama Shiwon. Jadilah kedua kakak beradik ini bersaing buat ngedapetin hati Shiwon itu. Sialnya, Taewoong-lah yang lebih cepet ngungkapin, dan Yoonjae yang telat. Jadi akhirnya Yoonjae mutusin buat mengalah demi kakaknya.

Pas kelulusan sma, mereka pisah-pisah semua. Yoonjae sama Junhee kuliah di Seoul jurusan hukum dan kedokteran, sedangkan Shiwon jurusan sastra gitu (ceritanya dia di sini jadi script writer gara-gara dulunya sering bikin ff tentang Tony oppa dan ff-nya itu FFNC lagi lol). Tapi sebelum bener-bener pindah ke Seoul, Yoonjae akhirnya ngaku ke Shiwon kalau dia suka sama Shiwon –walaupun udah terlambat- dan setelah itu mereka nggak pernah ketemu lagi alias hidup masing-masing jalanin kuliah juga masing-masing. Sejak pengakuan Yoonjae itu, Shiwon jadi sadar kalau dia juga suka sama Yoonjae tapi sayangnya semuanya memang udah terlambat.

Beberapa tahun nggak pernah ketemu, akhirnya ditahun 2005 mereka ketemu lagi untuk pertama kalinya dan suasanannya jadi sedikit awkward gitu. Shiwon udah jadi script writer dan Yoonjae udah jadi pengacara. Tapi satu yang nggak berubah adalah Shiwon masih seorang fangirl fanatik yang suka banget sama Tony oppa sekalipun H.O.T udah bubar.

Nah nanti ending-endingnya, Shiwon jadi nikah sama Yoonjae dan Yoonjae dengan senang hati itu bersedia menerima status Shiwon yang notabane adalah fangirl nggak waras –walau kadang dia juga sering sebel kalo shiwon udah muja-muja Tony oppa-nya itu– sedangkan Taewoong nanti malah pacaran sama seorang dokter muda cantik yang ternyata adalah fans-nya Shinwa dan juga TVXQ! Di akhir-akhir epsiode ini juga sekilas ngebahas TVXQ dengan lagu Hug-nya dan juga tentang konser mereka pas zaman-zamannya rising sun gitu… (jadi terharu aaaaa~)

 

Pokoknya drama ini recommended banget ditonton buat para fangirl deh! Ceritanya bener-bener menggambarkan diri seorang fangirl banget. Dari mulai nonton konser, beli album, teriak-teriak fanchant, bikin fanfiction, ngestalk idolnya sampe ke rumah, fanwar, berebutan support (kalo sekarang ngevote) di acara-acara award gitu, sampe nulis-nulis nama oppa-nya pake darah sekalipun lmao.

Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari drama ini, salah satu contohnya adalah percaya kalau sefanatik-fanatiknya para fangirl pada idolanya (berpikir kalau hidup ini hanya didedikasikan untuk para oppa-oppa-nya, sampe nggak punya waktu buat ngelirik cowok ‘nyata’ yang ada disekeliling kita) pasti suatu saat nanti akan ada juga cowok ‘nyata’ yang dateng ke kehidupan kita. Dateng dan ngerubah segalanya. Dateng dan bisa nerima status ‘fangirl’ ini apa adanya. Kayak Yoonjae yang bisa nerima Shiwon sekalipun dia itu fanatik banget sama H.O.T

Dan terakhir drama ini juga cocok banget buat kalian yang mau mengenang zaman-zaman tahun 90-an. Tamagochi, walkman, diskman, dance dance revolution dll. Saya juga pas nonton ini jadi nge-flash back lagi ke tahun 90-an. Dan seriusssss jadi kangen. Main lego, DDR, tamagochi. Hehe~

Kalau disuruh ngasih rate dari 1-10, saya kasih nilai 9,5 deh buat drama ini! Walaupun mungkin ceritanya biasa aja, nggak terlalu ribet-ribet banget alias lebih ke cerita real life gitu, tapi drama ini emang cukup sukses loh di korea! Banyak artis yang nonton dan juga ratingnya tinggi banget di akhir episode, bisa nyampe 9 buat rating seoul, dan 7 buat rating rata-rata korea. Padahal ya drama ini dari TvN, tivi kabel korea. ya kalo drama di tv kabel tuh nembus 3 aja udah alhamdulillah sujud syukur pada yang mahakuasa. nah ini nembus 7, berarti udah golongan keren banget kan?🙂

Yaudah pokonya yang belum nonton, silahkan nonton! Donlot atau beli dvd-nya, dijamin seru! (terutama buat kalian para fangirl diatas umur 20 tahunan yang masih ngerasain zaman-zamannya h.o.t/sechs kiss/ tvxq berjaya, drama ini bener-bener bisa jadi pengobat kangen pada masa masa itu deh)

Enjoy!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s